Catatan Kontroversi Serial Muhtesem Yuzyil (Abad Kejayaan) III

Citra dan akurasi adalah alasan yang dikemukakan dalam menuntut penghentian penayangan serial Abad Kejayaan di ANTV. Di sini dijelaskan secara singkat mengapa dua alasan tersebut tidak adekuat untuk menuntut penghentian penayangan Abad Kejayaan di ANTV. Tapi, jika kita bersu’udzon, ada maksud-maksud terselubung di balik permintaan penghentian penayangan serial Abad Kejayaan. Dua yang dapat dikhayalkan dari alasan terselubung itu.

Pertama, ketakutan akan menguatnya posisi kelompok tradisionalis dalam masyarakat Muslim Indonesia. Dalam serial Muhtesem Yuzyil (Abad Kejayaan), terdapat banyak praktek-praktek keagamaan yang sewarna dengan kelompok tradisionalis Islam Indonesia yang dipratekkan dalam lingkungan Istanbul saat itu bahkan Istana Topkapi. Jika praktek ini terpapar pada masyarakat, sekelompok muslim takut, pemahaman mereka akan Islam akan tergerus dan masyarakat akan menganggap praktek keagamaan kelompok tradisionalis lebih sesuai dengan cara Ottoman. Setidaknya, masyarakat akan tahu bahwa praktek keagamaan tradisionalis Islam Indonesia itu tidak hanya di wilayah Indonesia, bahkan sampai ke Turki.

Ini akan menggoyahkan citra bahwa praktek keagamaan tradisionalis itu terbatas di Indonesia. Muncul kesan praktek yang cukup mendunia dalam dunia Islam itu tentunya merupakan jalan yang lebih pas dalam menjalankan ritual keagamaan Islam. Contoh adegan berdzikir berjama’ah, berdzikir dengan senandung, Sultan dan seluruh muslimin dalam serial tersebut mengusapkan tangan ke muka saat berdoa, do’a berjama’ah dengan ucapan amin yang kencang dipraktekkan keluarga Sultan, sungkeman keluarga Sultan di hari Idul Fitri, saat sakaratul maut Sultan dibacakan Yasin, dll. Sekelompok muslim tidak suka jika praktek ini terpapar ke masyarakat. Mereka menggunakan alasan yang tidak adekuat dan menuntut penghentian siaran Abad Kejayaan. Kenapa tidak adekuat? Di sini. Mau lihat Sultan Suleyman diyasinkan saat menjelang ajal? Di sini.

Kedua, ketakutan akan terpaparnya masyarakat dengan fakta ajaib bahwa Khilafah Utsmaniyah atau Ottoman Empire yang mengaku sebagai Khilafah Sunni disokong oleh Yeniceri atau Jenissary yang Avlevi. Jenissary menganut Avlevi sudah dikenal di masyarakat Turki. Para ahli berbeda pendapat, apakah sejak awal sudah Avlevi atau baru beberapa puluh tahun setelah dibentuk awal mereka mulai identik dengan Avlevi. Jenissary yang Avlevi ini sangat terlihat di Muhtesem Yuzyil. Maka kelompok yang takut dengan munculnya fakta ini ke permukaan mengemukakan berbagai alasan untuk membuat muslim yang tidak tahu akan hal ini tidak bisa menonton serial Abad Kejayaan. Dengan tidak menonton mereka tidak akan punya bayangan bagaimana Khilafah Sunni ditopang oleh Avlevis.

Tapi yah, dua alasan konspiratif di balik desakan penghentian penayangan serial Abad Kejayaan tersebut di atas hanya rekaan dan fiksi. Dilakukan karena merasa kesal, orang melarang fiksi dengan alasan yang fiktif dan merasa paling factual🙂 MLZBGTZ.

Catatan Kontroversi Serial Muhtesem Yuzyil (Abad Kejayaan) III

2 pemikiran pada “Catatan Kontroversi Serial Muhtesem Yuzyil (Abad Kejayaan) III

  1. Meri berkata:

    Raja Harimau, Raja Babi, Raja Anjing, itulah gambaran Raja Suleyman.Menjajah dan menguras kerajaan-kerjaan lain,Menyekap dan menyetubuhi banyak wanita dengan nafsu kebinatangannya dan tega membunuh orang-orang terdekat serta anak kandungnya sendiri demi mempertahankan kursinya.Perbuatannya menebar racun kekacauan di istananya sendiri yang telah penuh dengan darah kematian. Suleyman dapat dipastikan tempatnya adalah di neraka.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s