Kepribadian Dalam Pandangan Perilakuan Pikiran (Cognitive Behavioral)

Terimakasih kepada dosen pengampu Mata Kuliah Minor Pendidikan yang telah memberikan tugas untuk membuat rancangan intervensi. Berkat itu saya jadi lebih mengenal pendekatan perilakuan pikiran. Saya tidak mengenal betul pendekatan ini karena di kuliah Mayor tidak mengambil🙂 Setelah mengerjakan tugas kuliah minor saya baru sadar ternyata dalam pendekatan Perilakuan Pikiran-pun ada konsep kepribadian. Yah, ini adalah akibat malas belajar, setelah tahunan belajar psikologi baru ngeh konsep kepribadian dalam pandangan perilakuan pikiran. Lalu apa konsep kepribadian dalam pandangan perilakuan pikiran?

Izinkan terlebih dahulu saya menceritakan proses pengerjaan rancangan intervensi yang saya lakukan. Awalnya saya membaca hasil penelitian tentang identitas moral yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana keberagamaan/relegiusitas bisa mempengaruhi perilaku (karena kasusnya tentang keberagamaan). Itu penelitian sudah membuktikan (Duriez, Smits, & Goossens, 2008). Identitas moral dapat menentukan perilaku karena manusia cenderung mensinkronkan perilakunya dengan identitasnya (Hardy, 2006). Pembacaan ini membawa saya teringat Teori Rogers tentang kepribadian, bahwa kepribadian itu adalah konsep diri di mana orang akan menghindari keadaan yang berlawanan dengan konsep dirinya dengan subsepsi (Neslon-Jones, 2011). Ternyata penjelasan ini sama dengan penjelasan Piaget tentang Skema. Skema adalah kumpulan pengetahuan yang akan mengalami proses kegoncangan jika menghadapi informasi yang berbeda (Wenar & Kerig, 2006).

Ternyata, setelah saya lihat di buku tentang Terapi Perilakuan Pikiran untuk gangguan kepribadian, memang skema adalah konsep kepribadian dalam pendekatan perilakuan pikiran (Sperry, 2006; Dobson & Dobson, 2009). Oooo, saya baru ngeh… Rangkuman penjelasan tentang skema dalam dua buku tersebut adalah skema merupakan abstraksi pengalaman yang digunakan untuk organisasi diri dan menyikapi lingkungan, sifatnya cenderung permanen. Tetapi skema ini bisa berubah, kalau tidak tentu buku CBT untuk gangguan kepribadian tidak akan ada…🙂 Jadi, skema bersumber dari pengalaman, skema itu bentunya konsep abstrak, skema digunakan sebagai dasar organisasi diri, dan skema digunakan untuk menyikapi stimulus dari lingkungan.

Karena dalam pendekatan perilakuan pikiran ada konsep kepribadian, menurut saya, saat membuat Hasil Pemeriksaan Psikologis alias HPP untuk Pendekatan Cognitive Bahvioral, perlu ada sub bagian dinamika kepribadian🙂 BTW, ternyata konsep skema ini juga dikenal dalam psikodinamika (Sperry, 2006), hanya kalau dalam psikodinamika konsep utama tentang kepribadian adalah dinamika psyche (Schultz & Schultz, 2009). (hmmm, pantas waktu menjelaskan psikologi proyeksi Bu Inge menyinggung tentang schema). Kalau mau tau lebih lanjut tentang skema, ada bukunya dengan judul Schema. Bisa dicari di Perpustakaan Fakultas Psikologi UGM.

 

Sumber

Duriez, B., Smits, I., & Goossens, L. (2008) The relation between identity styles and religiosity in adolescence: Evidence from a longitudinal perspective. Personality and Individual Differences 44: 1022–1031.

Dobson, D. & Dobson. K., (2009) Evidence-based practice of cognitive-behavioral therapy.  New York, NY: The Guilford Press.

Hardy, S. (2006) Identity, reasoning, and emotion: An empirical comparison of three sources of moral motivation. Motivation Emotion 30:207–215

Neslon-Jones, R. (2011). Teori dan praktik konseling dan terapi edisi keempat (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Schultz, D. & Schultz, S. (2009). Theories of personlity 9th ed. Belmont, CA: Wadsworth.

Sperry, L. (2006). Cognitive behavior therapy of dsm-iv-tr personality disorders 2nd ed. New York, NY: Routledge.

Wenar, C. & Kerig, P. (2006). Developmental psychopathology: From infancy through adolescence 5th ed. New York, NY: McGraw Hill.

Kepribadian Dalam Pandangan Perilakuan Pikiran (Cognitive Behavioral)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s