Noura bintu Abdul Rahman Alu Saud

Lagu di atas dinyanyikan oleh Khaled Abdurrahman dan Rashid al-Majed, dua penyanyi tenar di jazirah Arab, Dinyanyikan dalam Opret Qiblat Nur di Festival Janadira 28. Lagunya berjudul Noura, tentang seorang perempuan bernama Noura bintu Abdul Rahman Alu Saud. Ya, keluarga Saud dan dia adalah kakak tertua Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Alu Saud.

Noura ini spesial, sehingga namanya dijadikan nama universitas perempuan di Kerajaan Saudi Arabia yaitu Princess Noura bintu Abdul Aziz University. Selain itu, lagu tentangnya dibawakan di Opret dalam festival Janadria. Sepanjang pengetahuan saya, jarang sekali lagu tentang perempuan hadir di opret tersebut. Jangankan tentang peremuan, tentang orang selain Raja, Putera Mahkota, dan Raja Abdul Aziz Alu Saud tidak pernah. Pada opret Janadriah 28 tersebut, Noura justru ditampilkan.

Hal ini menunjukkan posisi Noura yang luar biasa. Sebenarnya, apa kehebatan Noura? Menurut Wikipedia, Noura mememilki keistimewaan menggerakkan saudaranya untuk melakukan penaklukan padahal saat itu keluarga Saud sedang kalah perang. Ini menunjukkan keberanian Noura. Noura juga menjadi penasehat kepercayaan Raja Abdul Aziz Alu Saud. Bahkan di beberapa kesempatan, Raja memperkenalkan diri sebagai saudara lelaki Noura, “Aku adalah saudara lelaki Noura”. Ini menunjukkan posisi Noura di masyarakat dan di mata Raja Abdul Aziz sendiri. Memang dikatakan Noura ini selain berani juga cerdas, memiliki otak 40 lelaki. Karena kualitas keilmuannya, Bibi Noura diminta untuk mendidik para pangeran. Jika ada pangeran ponakannya yang nakal, akan dikirim untuk didik oleh Bibi Noura ini. Noura juga mendukung modernisasi, misalnya saja penggunaan telepon.

Gambar
Keterangan dari http://saudiwoman.me/ yang di tengah tersebut adalah Raja Abdul Aziz Alu Saud dan di kanannya yang berjanggut panjang adalah Saud al-Kabir, suami Putri Noura

Blog Saudi Women mengatakan, hadirnya Noura di awal pendirian Kerajaan Saudi Arabia, menunjukkan bahwa perempuan juga berperan dalam pendirian kerajaan dan di masa awal-awal pembentukannya. Bahkan menurut blog tersebut, Nouralah yang menasehati adiknya, Abdul Aziz bin Abdul Rahman (Ibnu Saud) untuk merebut kembali Riyadh.

Itulah diantara keistimewaan Putri Noura bintu Abdul Aziz Alu Saud. Karena itu, tidak heran penghargaan Raja Abdullah kepadanya besar.

Noura bintu Abdul Rahman Alu Saud

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s