Kunyah (كنية)

Kunyah adalah budaya Arab yaitu nama panggilan terkenal untuk seseorang. Apakah para raja dan emir di Jazirah Arab juga punya kunyah? Ya, tentu saja. Kita telah membahas 4 pemimpin negara Jazirah. Keempat insan tersebut memiliki kunyah juga.

Raja Abdullah bin Abdul Aziz Alu Saud memiliki kunya Abu Mutaib (متعب) yang artinya Ayah Mutaib. Kunyah Raja Abdullah ini muncul karena Mutaib adalah nama anak lelaki kedua Raja Abdullah, yaitu Pangeran Mutiab bin Abdulllah bin Abdul Aziz.

Biasanya kunyah menggunakan nama anak lelaki pertama. Tetapi kunyah Raja Abdullah ini muncul karena anak lelaki pertamanya tidak begitu muncul di publik dan Pangeran Mutaiblah yang sering muncul. Pangeran Mutaib sekarang menjabat Menteri Garda Nasional.

Kunyah Raja Abdullah ini saya temukan bukan di Wikipedia tetapi dari lagu di Youtube yang judulnya Abu Mutaib Habibi Sya’b atau “Abu Mutaib Kecintaan Para Pemuda”. Memang untuk mengetahui kunyah para pemimpin regional di Arab dan Jazirah Arab, tidak bisa dicari di Wikipedia atau laman berbahasa non Arab. Di Wikipedia Arabic saja tidak bisa ditemukan. Saya peribadi menemukannya dari hobi mendengarkan lagu-lagu ardha Arab. Dari situ, di Youtube, kita bisa mengenali kunyah para pemimpin tersebut.

Image

Pangeran Mutaib bin Abdullah bin Abdul Aziz Alu Saud
(c) http://www.saudibrit.com

Kunyah Pangeran Salman bin Abdul Aziz Alu Saud adalah Abu Fahad. Ini karena anak pertamanya adalah Pangeran Fahad bin Salman Alu Saud rahimahullah. Pangeran Fahad telah meninggal karena gagal jantung pada usia 43 tahun. Kunyah Pangeran Salman bin Abdul Aziz ini saya ketahui dari lagu di Opret Janadriyah (Janadria/Jenadria) 29 Kawkab al-Ardh.

Kunyah Raja Hamad bin Isa Alu Khalifah adalah Abu Salman atau Ayahnya Salman. Ini karena anak pertamanya yaitu Putera Mahkota Bahrain adalah Pangeran Salman bin Hamad Alu Khalifa. Kunyah beliau ini saya ketahui dari lagu Ardha Bahrainiyah judulnya Matsayil. bisa dicari juga di Youtube. Sayangnya untuk kunyah Pangeran Salman bin Isa Alu Khalifa, Pangeran Bahrain belum saya temukan. Insyaalloh jika bertemu akan dibagi 🙂

Kunyah (كنية)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s