Group Syamsul Wathan: Ardha an-Najdiyyah

Dari judul tersebut tentu tidak akan jelas tulisan ini akan berbicara tentang apa, karena kata-kata dalam judul tersebut tidak begitu dikenal kecuali “group”. Group tentu saja bermakna kelompok orang, dalam hal ini adalah grup vocal…, hmm, sudah mulai jelas arahnya akan ke musik atau lagu. Ya, memang tulisan ini ingin menshare sebuah lagu yang saya dapat dari Youtube.

Syamsul Wathan adalah kata Bahasa Arab yang berarti “Mentari Negara”. Ini adalah nama grup vocal yang menyayikan lagu yang saya share ini. Sebut grup vocal karena kelompok ini tidak menggunakan alat musik dalam performansinya. Kemungkinan besar dikarenakan faham keagamaan yang dianutnya. Walaupun tanpa alat musik, saya kira karya kelompok ini tetap menawan, setidaknya untuk lagu yang akan saya share ini, Ardhah an-Najdiyyah.

Ardha (العرضة‎) sebenarnya salah satu jenis musik dan tari tradisional Arab. an-Najdiyyah adalah berujuk kepada kata Najd atau Nejed, yaitu sebuah nama daerah di Jazirah Arab sana. Bisa dikatakan Ardha an-Najdiyyah berarti Ardha dari Nejed.

Lagu Ardha an-Najdiyyah dari Syamsul Wathan ini menarik karena menyimpang dari Ardha biasanya. Biasanya Ardha diiringi dengan musik tetabuhan yang keras karena memang Ardha dahulu dimainkan untuk menyemangati dalam perang. Tetapi lagu ini tidak menggunakan alat musik.

Walaupun tanpa alat musik, lagu ini tetap mampu menghadirkan nuansa kegembiraan yang sama dengan Ardha pada umumnya. Bahkan menurut saya, ardha ini menghadirkan nuansa kegembiraan yang lebih dibanding ardhah biasanya. Padahal nadanya sederhana dan cenderung monoton. Tetapi saya tetap tertarik karena memang para penyanyinya memiliki suara yang merdu dan enak didengar. Berikut saya tampilkan lagu Ardha an-Najdiyyah.., silahkan nilai sendiri apakah enak didengar ataukah tidak.

Liriknya kira-kira demikian….
داري يالمدينة يالربوع الخالية
ياأغلى ثرى يالجوهرة يالغاليه
مجدك تعلى النار فات العالية
الممكلة يالله تعز ديارها

يا هاجس الفكرة مع الجمهور هات
وإنظم بيوت الشعر دون مجاملات
وإمدح هذا العوجار رجال الطايلات
آل السعود الله يقر قرارها

للناس لأبو تركي راعي الحكمة المتين
عبدالعزيز اللي له القاسي يلين
دولته سايسها على الدنيا ودين
حكومته في الخوف يأمن جارها

سجل …. في على رمضى النفوذ
لين إستعاد الحكم وأملاك الجدود
عهد على نفسه لنجد إنه يعود
والمملكة وحد جميع أقطارها

خلف أهل البيرق …..
ملوك حق ورجال السلام
خدام دين الله وبيوت الحرام
لفظ الجلالة والرسول شعارها

Untuk artinya saya kurang faham. Dari sedikit kata yang saya pahami, saya kira lagu ini menceritakan kegembiraan menjadi orang Saudi. Dan juga pujian bagi pendiri Saudi Modern, Abdul Aziz Ibnu Saud. Yah, memang lagu ini dicipta dan ditampilkan untuk meningkatkan nasionalisme dan kesatuan rakyat Kerajaan Saudi Arabia (Kingdom Saudi of Arabia, KSA). Sehingga Anda bisa lihat di video tersebutpun gambar yang dominan adalah gambar kebangsaan Saudi.

Suka dengan lagu ini bukan berarti saya tidak nasionalis. Kata guru Pendidikan Kewarganegaraan saya, nasionalisme tidak bisa ditinjau dari selera makan, selera musik, selera berbusana. Tidak bisa ditinjau dari “lebih suka burger atau tempe? dst”. Nah, saat mendengarkan lagu ini saya justru membayangkan, mungkinkah lagi di Indonesia ini diciptakan lagu yang bernada gembira tentang Indonesia, tentang pemimpinnya. Atau adakah lagu tentang penghargaan kepada para Founding Fathers negeri ini? Mudah-mudahan ada tetapi saya belum mendapatkannya karena kalo belum ada… wallohu a’lam.

Sumber: Youtube, Wikipedia, dan Forum Inshad.com

Group Syamsul Wathan: Ardha an-Najdiyyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s