Saya Tetap Percaya Padamu

Saat Timnas kita menang tetapi tidak membawa piala AFF pada 29 Desember yang lalu, saya segera menulis kalimat ini di status saya. Saya fikir ini sangat perlu agar ke depan Timnas bisa lebih baik.

Saya adalah orang yang percaya dengan efek kupu-kupu. Saya percaya seluruh alam semesta ini adalah suatu kesatuan di mana gerak hati sedikit saya sudah menimbulkan suatu riak di sistem alam semesta ini, dan riak itu bisa mempengaruhi seluruh sistem.

Begitu pula dalam dunia persepakbolaan. Saya yakin bahwa emosi positif yang kita bawa saat menonton suatu pertandingan sepak bola memiliki pengaruh terhadap pertandingan sepak bola tersebut, bahkan jika kita menonton siaran langsungnya di tv dari rumah kita. Saya kira kekalahan timnas dari Malaysia, yah memang saya tidak mengerti bola tetapi ini dari sudut pandang saya, adalah lebih dikarenakan banyaknya emosi negatif yang kita bawa saat menonton pertandingan tersebut.

Bisa saja, kita mengatakan bahwa kita berharap timnas akan menang 5-0 tetapi hati kita ragu, kita tidak percaya, dan saat menontonpun kita lebih sering mengeluarkan cacian terhadap pemain timnas yang kita anggap tidak bermain apik, kita menggrutu, kita mencela, dan akhirnya emosi negatif tersebut mengalirkan energi negatif yang dalam keyakinan saya, turut mempengaruhi hasil yang tidak memuaskan banyak fihak Indonesia tersebut.

Maka, saya sarangkan, jika ingin timnas lebih baik ke depan, percaya pada mereka bahwa mereka bisa, jangan diragukan. Keraguan Anda, sesuai keyakinan saya akan efek Kupu-kupu akan bisa membawa energi negatif yang bisa menurunkan semangat juang mereka dan akhirnya mengalahkan mereka.

Jika Anda pernah berbuat kesalahan sekali saja dan kemudian orang-orang tidak mempercayai Anda, tentu Anda merasakan suatu capek yang luar biasa. Itulah energi negatif yang mendatangi Anda dari ketidakpercayaan orang lain itu. Demikian juga keadaannya bagi timnas, juga dalam kepemimpinan nasional, dalam olahraga, dll. Percayakan dan berikan energi positif. InsyaAlloh….🙂

Saya Tetap Percaya Padamu

Tinggalkan Balasan

