KulFb: Ahlu Rayah

Tulisan ini merupakan fersi panjang dari Kuliah saya di Facebook tentang sinetron Ahlu Rayah. Kuliah di Facebook ini meniru kuliah-kuliah yang diadakan oleh beberapa cendikiawan di akun Twitter mereka yang dinamakan KulTwit. Jadi kuliah saya di akun Facebook saya saya namakan KulFb. Meniru-niru sedikit tidak apalah. Seperti yang saya temukan dalam kasus sunetron Ahlu Rayah ini.
Berawal dari searching music-musik dari seberang lautan dengan menggunakan sebuah mesin pencari mp3, tiba-tiba saya menemukan sebuah lagu judulnya Ahlu Rayah. Lagu ini sama dengan laguyang sudah pernah saya dengar, nasyid Hamas Ahlu Rayah. Tapi saya menemukan sedikit perbedaan dalam lirik reff-nya, yang satu menyebut “Nahna ahlu rayah”, yang satu menyebut “I’la Hamas rayah”. Mungkin liriknya seratus persen berbeda tapi saya tidak tahu itu karena liriknya berbahas Arab sementara Arabic saya masih minim sekali. Yang jelas, nada musiknya sama persis.
Sayapun mencari lagu Hamas Ahlu Rayah di mesin pencarian tersebut untuk memastikan apakah lagu Ahlu Rayah itu memang sama dengan lagu Hamas Ahlu Rayah. Karena ternyata file mp3-nya tidak ada, saya akhirnya mencari di Youtube, tempat pertama saya menemukan lagu Hamas Ahlu Rayah itu.
Dari youtube saya baru tahu kalau ternyata lagu Ahlu Rayah itu adalah pembukaan dari sebuah sinetron (musilsil) dengan judul sama, Ahlu Rayah. Saya penasaran, apakah Hamas yang membuat sinetron tersebut, ataukah Hamas yang meniru lagu sinetron tersebut. Kok, opening song-nya sama dengan nasyid Hamas.
Usut punya usut, saya menyimpulkan bahwa Hamas yang meniru theme song sinetron Ahlu Rayah itu. Ini kesimpulan saya setelah melihat Fatah dan Brigade Syuhada al-Aqsha (sayap militer Fatah) juga memiliki nasyid yang serupa dengan theme song sinetron Ahlu Rayah itu. Agaknya Fatah dan sayap militernya tersebut tidak mau kalah dengan saingannya, Hamas.
Saya coba telusuri lebih dalam dari Wikipedia berbahasa Inggris. Saat mencari dengan keyword “Ahlu Rayah” saya malah menemukan pengertian Ahlu Rayah sebagai ahlu ra’yu yaitu orang yang menggunakan logika dalam merumuskan hukum agama. Yang berlawanan dengan ahlul Naqli, orang yang merumuskan agama berdasar dalil-dalil nash. Tentu tidak mungkin sinetron mengangkat hal ihwal perdebatan keagamaan ini.
Lalu saya mencoba mencari di ar.wikipedia.org, Wikipedia berbahasa Arab. Ternyata Ahlu Rayah adalah judul sebuah sinetron produksi Syiria. Bercerita tentang Ahlul Hurrah (Pejuang Kemerdekaan?) Syiria di daerah Damaskus. Dari beberapa sumber lain ternyata sinetron ini ditayangkan selama Ramadhan. Ternyata tradisi sinetron “alim” selama Ramadhan di sana tidak jauh beda dengan di sini.
Agaknya sinetron Ahlu Rayah ini cukup fenomenal. Setidaknya theme songnya cukup dikenal, hingga terdapat versi Hamas-nya, versi Remix, versi Fatah, dan versi Brigade Syuhada al-Aqsha. Ada yang pernah ke Syiria dalam tahun-tahun terakhir ini? Mungkin bisa lebih tahu tentang sinetron ini.

KulFb: Ahlu Rayah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s