Lagu “Pasangan” Yang Sedang Bertengkar

BAru-baru ini saya mengunduh satu lagu arab dari Nancy Ajram berjudul Leya 7a2 (baca: Liya Ha’). Mendengarkan lagu tersebut saya merasa bahwa lagu ini sebuah ungkapan kegundahan seorang perempuan terhadap pasangannya. Sedikit mengerti Bahasa Arab, saya mengerti sebagian lirik dalam lagu tersebut menyatakan “aku memiliki hak, kamu juga memiliki hak” atau Bahasa ARaba-nya “Leya ha’ winta ha’…”.
Ternyata setelah saya cari di situs allthelyrics.net, memang lagu tersebut menceritakan tuntutan ksetaraan dari seorang perempuan terhadap pasagan laki-lakinya. Dilihat dari liriknya, memang lagu ini pas sekali “dinyanyikan” oleh seorang perempuan yang sedang bertengkar atau ribut dengan pasangannya tentang masalah “kesetaraan”.
Yang meraik, sebelumnya Nancy juga pernah menyanyikan lagu mengenai pertengkaran pasangan yang berjudul Inta Eih (Betapa kejam dirimu…). Dalam lagu tersebut liriknya cenderung menunjukkan kekalahan atau menyerahnya perempuan atas perlakuan yang ia terima dari pasangannya. Tapi dalam lagu barunya ini, liriknya cenderung menuntut, bahwa antara laki-laki dan perempuan terdapat persamaan hak. Mungkin saja ini adalah dampak isu kesetaraan jender yang semakin meluas di Timur Tengah. Tapi tidak tahu juga, Wallohu A’lam….

Lagu “Pasangan” Yang Sedang Bertengkar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s