Organizational Justice

Teori Adams tentang keadilan atau lebih terkenal dengan Teori Equity yang menyatakan bahwa setiap orang akan membandingkan hasil yang ia peroleh dengan pengorbanannya maupun dengan hasil yang telah diperoleh orang lain memancinig munculnya berbagai kajian dengan keadilan (yang dipersepsikan) dalam organisasi.
Keadilan (yang dipersepsikan) dalam organisasi biasa disebut organizational justice, atau keadilan organizational. Keadilan organizational ini adalah keadilan organisasi yang dipersepsikan (perceived justice) oleh karyawan. Dari teori Adams berkembang konsep keadilan distributif, atau rasa keadilan mengenai hasil yang diterima.
Setelah mengalami beberapa pengkajian dan penelitian, berkembang lagi satu konsep baru keadilan organizational, yaitu keadilan prosedural. Keadilan prosedural ini mengenai keadilan proses menetapkan hasil yang diterima. Artinya, misalnya terdapat sebuah keputusan, orang akan menilai keadilan keputusannya maupun cara keputusan itu keluar atau muncul.
Kemudian riset mengenai keadilan organisasional ini berkembang lagi dan menemukan bahwa faktor sosial ikut mempengaruhi penilaian seseorang mengenai keadilan. Aspek sosial ini kemudian terkenal dengan keadilan interaksional, yaitu mengenai cara-cara interaksional pelaksanaan sebuah keputusan. Misalnya mengenai hasil penilaian pekerja, supervisor harus mampu memainkan peran dalam berhubungan dengan staff dalam mengkomunikasikan hasil penilaian kinerjanya.
Dua komponen komitmen organizational yang disebut di awal diterima oleh semua orang yang berkecimpung di bidang studi ini. Namun untuk yang ketiga ini masih terdapat perdebatan.
Greenberg, seorang ahli mengenai keadilan organisasional ini menawarkan model baru keadilan organisasional, yaitu model empat faktor yang saya lupa apa saja, selengkapnya bisa dilihat di buku The Quest for Justice on The Job…..

Organizational Justice

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s