Avatar dan Douwes Dekker

Sehabis nonton Avatar nonton Metro Files tentang Douwes Dekker. Dari tayangan Metro Files tersebut saya baru tahu kalau Multatuli dan Dr. Setiabudi itu berbeda, walaupun masih sekeluarga. Setelah baca di Wikipedia saya baru mengetahui kalo Multatuli yang mengarang Max Havelaar itu adiknya kakek Dr.Setiabudi. Keduanya sama-sama bernama E. Douwes Dekker. Hanya saja yang satunya Eduard yang satunya Ernest.
Menonton Metro Files itu saya jadi ingat perkataan komandan yang saya benci banget di film Avatar “penghianat, kamu menghianati bangsamu sendiri….dst”. Ya, mungkin bagi pemerintah Belanda saat itu Dr. Setiabudi itu adalah penghianat. Tapi bagi bangsa Indonesia, dia adalah pahlawan. Begitupun juga Jake Sully yang menjadi tokoh protagonist dalam file mini. Keduanya mendukung bangsa lain yang sedang dieksploitasi oleh bangsanya sendiri.
Dr. Setiabudi mendukung Bangsa Indonesia yang saat itu sedang diekspoitasi oleh bangsa Belanda. Jake mendukung bangsa Na’vi yang sedang akan dieksploitasi/atau mungkin sudah dieksploitasi oleh bangsa manusia….

Avatar dan Douwes Dekker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s