BBC Faith Diary

Mencari-cari berita tentang penyerangan gereja di Malaysia, saya mendapatkan kumpulan berita agama di BBC BBC Faith Diary, isinya terdiri dari tiga berita. Pertama adalah pelarangan menara masjid yang terjadi di Swiss. Berita kedua adalah tentang pelarangan penggunaan kata “Allah” oleh umat Katolik di Malaysia. Terakhir tentang rencana pengajuan penghilangan salib-salib di setiap ruang sekolah di Italia, yang terakhir ini baru pengajuan dari seorang anggota parlemen dari sayap liberal.
Hmm, saya jadi berpikir, alangkah susahnya pembuatan konsep penerapan agama dalam ruang publik. Kenapa bisa begini? Mungkin saja ini dikarenakan kita kurang dialog. Memang mungkin kita sebagai umat suatu agama, atau mungkin orang sekular, bergaul dengan umat agama lain. Tetapi saya kira kita menghindari dialog-dialog dalam hal keagamaan dengan teman kita tersebut. Kita lebih suka melihatnya dari konsep yang lain, sebagai ras tertntu, sebagai bangsa tertentu, tetapi jarang menggunakan sudut pandang bahwa teman kita dari agama yang berbeda.
Kita bukan hendak membeda-bedakan agama di sini. Tetapi memandang teman kita sebagai bagian umat dari suatu agama yang berlainan dengan kita dapat melatih kita untuk bergaul dengan umat beragama lain yang belum kita kenal. Kita akan menilai kebanyakan umat agama lain adalah kurang lebih sama dengan teman kita, ia baik terhadap kita, bisa diajak biacara, bisa membantu kita.
Tetapi jika kita tidak pernah melihat teman kita merupakan bagian dari umat beragama yang lain dari kita, kita akan sulit mencari prototipe untuk meniliai umat beragama lain. Sehingga yang muncul adalah suatu kegelapan/asing yang memunculkan rasa takut dan membangkitkan kecurigaan. Inilah yang menghambat dialog antar umat beragama.
Dialog ini penting dan perlu untuk bembantu pemahaman antar umat beragama tentang teman-temannya lain agama dan juga yang paling penting ini akan menumbuhkan kepercayaan antar umat beragama, antar kelompok juga (jika sekular ingin dimasukkan). Rasa percaya ini, menurut saya akan menjadi jalan bagi kerukunan antar umat beragama dan antar kelompok.
Berita-berita negatif tentang agama yang kita dengar di awal tulisan ini sebelumnya adalah bersumber dari kecurigaan. Pelarangan menara muncul karena kecurigaan bahwa umat Islam ingin membangun Eurabia, atau Londonistan, dll. Pelarangan penggunaan kata Allah karena kecurigaan bahwa hal itu akan membuat umat Islam murtad. Dan usulan pelarangan salib di Italia muncul karena sang anggota parlemen yang sekular berprasangka bahwa pemasangan salib dimaksudkan agar anak-anak menjadi umat Katolik.
Maka, jika dialog bisa dikembangkan antar umat beragama, saling percaya bisa ditumbuhkan antara umat beragama, insyaAlloh berita-berita yang menyesakkan dada seperti di atas tidak akan kita dengar lagi. Terkadang saya pesimistis apakah itu mungkin terjadi pada manusia ini (makhluk yang…gimana gitu…)? Mudah-mudahan, dengan izin Alloh bisa….

BBC Faith Diary

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s