Kim Yushin dan Cunchoo

Hampir setiap sore Senin hingga Jum’at saya duduk tenang di depan tivi menyaksikan serial ini di sebuah stasiun TV swasta. Serial ini memang bagus dari segi seni, alur cerita, musik, dan cukup di segi laganya. Iseng-iseng membuka Wikpedia, ternyata serial ini diangkat dari kisah nyata tentang penguasa perempuan pertama di Kerajaan Korea. Ini memang bukan berita baru bagi saya, karena saya juga pernah membaca ini di Republika. Di artikel Republika tersebut, juga di Wikipedia, disinggung tentang legenda kecerdasan dan kemampuan analisa/ramalan Seon Deok.
Yang menjadi menarik bagi saya, dari Wikipedia saya dapatkan ternyata beberapa karakter yang berlakon di serial ini adalah karakter yang sangat dikenal dalam sejarah Korea, mulai dari Raja Jinji, Raja Jinpyeong, Pejabat Kim Sehyeon dan anaknya Kim Yushin, serta Pangeran Cunchoo.
Dua tokoh yang disebutkan terakhir merupakan tokoh besar dalam sejarah Kerajaan Silla khususnya dan sejarah Korea pada umumnya. Keduanya adalah tokoh yang berjasa dalam penyatuan semenanjung Korea. Pangeran Cunchoo putera dari Purti Chunmyeong nantinya akan menjadi Raja Silla selang satu penguasa (Ratu Jindeok) setelah Ratu Seon
Deok.Cunchoo nantinya akan bergeral Raja Muyeol dan memulai usaha mewujudkan “Impian Yang Mustahil” dari Raja-Raja Silla, khususnya Raja Jinheung. Yaitu menyatukan tiga dinasti, Silla. Baekje, dan Guryeo dalam kekuasaan Silla.
Pada masa Raja Muyeol diadakan penyerangan ke Baekje yang berhasil membuat dinasti tersebut tunduk pada Silla. Penyerangan tersebut dipimpin oleh Jenderal Kim Yushin. Anak Raja Muyeol yang menggantikannya, Raja Munmu, dengan bantuan dinasti Tang melakukan serangan ke Guryeo yang menjadikan dinasti tersebut takluk di bawah kekuasaan Silla. Penyerangan tersebut dipimpin oleh Jendral Kim Yushin. Dengan jatuhnya Guryeo maka berakhirlah masa Tiga Kerajaan dan Munmu menjadi raja pertama di masa Penyatuan

Kim Yushin dan Cunchoo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s