Profil K.H. Mas Mansoer

Kyai Mansoer (1896-1946) adalah seorang tokoh terkemuka Muhammadiyah. Ia dilahirkan di Surabaya pada tahun 1986. Perkenalannya dengan Muhammadiyah dimulai saat beberapa kali melakukan tabligh di Surabaya. Dalam tabligh Kyai Dahlan tersebut hadir pula Soekarno dan Roeslan Abdul Gani yang merupakan tokoh perjuangan.

Pemuda Mansoer kemudian bergabung dengan Persyarikatan saat usianya masih muda, saat itu ia sering melakukan kunjungan keYogyakarta, pusat Persyarikatan Muhammadiyah. Ia kemudian ditunjuk untuk mengetuai Muhammadiyah cabang Surabaya saat persyarikatan ini membuka cabangnya di kota tersebut.

Karena kehebatannya dalam memimpin cabang Muhammadiyah yang baru itu, juga karena bakat kepemimpinan dan keluasan wawasannya, ia kemudian dicalonkan menjadi ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada tahun 1973. Di bawah kepemimpinannya Muhammadiyah berkembang sangat pesat. Kyai Mansoer juga terkenal karena konsepsinya tentang Dua Belas Tafsir Langkah Muhammadiyah. Untuk lebih jelas tentang biagrafinya bisa melihat Matahari-Matahari Muhammadiyah karya H. Djarnawi Hadikusuma.

Kyai Mansoer banyak menulis artikel mengenai kondisi kaum muslimin dan cara-cara mengentaskan permasalahannya, misalnya Sebab-Sebab Kemunduran Umat Islam, Sebab-Sebab Kemiskinan Rakjat Islam Indonesia, dan Mejelaskan Faham Saja. Sebagaian artikelnya telah dikumpulkan di buku Kyai Haji Mas Mansoer: Kumpulan Karangan Tersiar karya Amir Hamzah Wiryosukarto. Diantara buku yang ditulis Kyai Mansoer adalah Risalah Tauhid dan Sjirik. (Saleh, 2004, Teologi Pembaruan)

Profil K.H. Mas Mansoer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s