Makna Takdir

Apakah makna takdir. Kata ini berasal dari bahasa arab taqdierun yang merupakan bentuk kada benda dari qaddarayuqaddiru, yaitu meberikan bagian. Artinya taqdir adalah pemberian bagian atau bagian yang dibagikan (oleh Alloh). Dalam konteks ini, konsep takdir berasal dari Islam. Para tetua dan leluhur Islam tidak suka membicarakan takdir ini banyak-banyak, maka pembicaraan kita mengenai takdir dari sudut pandang bahasa Arab kita hentikan sampai di sini. Yang jelas, Islam menghendaki manusia untuk melakukan usaha tanpa perlu terlalu berkutat takdir itu ditentukan manusia atau Alloh, berusahalah maka semua akan dimudahkan…, demikian perintah Rasul.

Sekarang kita menoleh ke peradaban barat. Apa makna takdir dalam kebudayaan barat? Dalam English, takdir dinamai dengan kata destiniy. Jika kita lihat kata ini serumpun dengan destine dan destination. Destine diterjemahkan sebagai mempersiapkan, memperuntukkan, atau mentakdirkan. Destination diterjemahkan sebagai tempat tujuan. Dari sini bisa kita katakan, takdir dalam konsep ini adalah sebuah tempat tujuan, suatu bagian yang diperuntukkan bagi seseorang (oleh Alloh). Jadi dalam konsep ini terdapat suatu keaktifan dan suatu kepasifan. Keaktifan terlihat dari terjemah tempat tujuan. Kita bisa menentukan ke mana kita akan mengarah. Tapi ada juga konsep kepasifan, ini terlihat dari terjemah tempat tujuan dan peruntukkan. Tempat tujuan bisa saja ditentukan oleh orang lain, sedangkan peruntukkan atau bagian yang diperuntukkan adalah jelas ditentukan oleh orang lain bagi kita.

Ketika menggunakan konsep ini dalam mempertanyakan takdir akan timbul dua pertanyaan ”Saya mau ke mana?” dan ”Apa bagian saya?”. Kalau Anda pilih yang mana? Silahkan pilih silahkan tidak percaya, ini hanya iseng saja. Boleh senang boleh tidak. Wallohu a’lam.

Makna Takdir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s