Depresi Pada Anak

Dulu orang menganggap anak tidak mungkin mengalami depresi. Kemudian muncul anggapan bahwa anak menyelimuti depresinya (kesedihan) dengan tanda yang justru menunjukkan agresi, sehinga muncullah konsep masked depression. Namun sekarang diketahui bahwa anak mengalami depresi dan tanda yang ditunjukkan mereka pada intinya sama saja dengan tanda depresi yang ditunjukkan orang dewasa, namun memang terdapat modifikasi sedikit.

Depresi pada intinya adalah gangguan alam perasaan (mood) yang ditandai dengan mood depresif atau alam perasaan sedih. Gangguan ini ada dua subtipe, yaitu gangguan unipolar dan gangguan bipolar. Gangguan unipolar adalah depresi yang hanya ditandai dengan alam perasaan sedih saja dan bentuknya bisa macam-macam, bisa jadi depresi mayor, distimia, dll. Sedangkan gangguan bipolar adalah depresi yang diselingi dengan munculnya mood manik atau alam perasaan eforia, jadi kadang nangis kadang tertawa. Gangguan jenis ini jarang dialami anak.

Anak yang mengalami depresi biasanya kehilangan ketertarikan pada kegiatan-kegiatan, perbahan nafsu makan, perubahan berat badan, dan berfikir tentang kematian. Maka, jika anak anda tiba-tiba jadi pendiam jangan malah senang, waspada, gali dari anak dia sendang menghadapi masalah apa. Juga ketika anak anda tiba-tiba makan banyak dan menjadi gemuk, jangan senang dulu mengira itu sehat. Waspada, perhatikan apakah anak anda tersebut sedang mengalami depresi ataukah tidak.

Jika depersi pada anak tidak ditangani, bisa berkemban ke masa remajanya, atau bahkan  bisa berakhir ke bunuh diri. Jadi orang tua waspadai depresi pada anak anda….

Depresi Pada Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s