Bulimia Nervousa

Bulimia adalah gangguan makan di mana penderitanya mengalami saat-saat makan berlebihan (binge eating) yang kemudian diikuti oleh usaha untuk menghindari berat badan bertambah dengan mencegah tubuh menyerap makanan tadi, misal dengan olah raga berlebihan atau dengan memuntahkan makanan.

Hambatan ini memang mirip dengan anorexia nervousa, bahkan sama-sama memiliki dua subtipe yaitu binge-purging dan menahan. Perbedaan yang menonjol pada keduanya adalah bahwa anoreksia lebih kepada menahan diri untuk tidak makan sedang bulimia lebih kepada usaha mengeluarkan makanan berlebih (akibat binge eating). Penderita bulimia merasa ketakutan bahwa mereka telah lepas kontrol dalam hal makan dan takut hal tersebut akan menambah berat badan mereka sehingga mereka memuntahkan atau menghalangi usaha penyerapan makanan tersebut oleh tubuh.

Bedanya lagi, pada penderita bulimia berat badannya terlihat normal. Sedangkan pada penderita anorexia berat badan mereka biasanya di bawah rata-rata. Maka, bulimia jarang hingga kematian karena penderitanya masih memiliki berat badan yang rata-rata. Tapi tetap saja bulimia tidak seyogyanya dimaklumi karena alasan etika kemanuisaan. Di sekeliling kita masih banyak orang lapar, termasuk saya ^_^, masa kita mau membuang-buang makanan. Mending makanannya dikasihkan saya, hehe.

Oia, mungkin ada remaja yang mengalami gejala demikian. Yaitu melakukan diet yang tidak benar, dengan memuntahkan makanan yang telah dimakan. Ini belum berarti remaja tersebut mengalami bulimia. Demikian juga dengan gangguan psikologis yang lain. Bisa jadi tanda-tanda gangguan dialami seseorang tetapi dalam tingkat yang belum digolongkan sebagai ganguan. Untuk menegakkan diagnosa seseorang mengalami gangguan mental, diperlukan berbagai pemeriksaan oleh klinis ahli. Begitu…

Bulimia Nervousa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s