Anorexia Nervousa

Anorexia nervousa adalah seseorang begitu ketat kontrol dirinya (di luar batas wajar dan membahayakan diri) atas makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ini adalah salah satu bentuk gangguan makan (eating disorder).

Anorexia umumnya terjadi pada remaja. Bisa timbul karena body image yang terganggu, yaitu persepsi diri terhadap bentuk tubuh yang terganggu. Seorang penderita anorexia melihat bentuk tubuh yang biasa sebagai gemuk dan ia perlu menguruskan diri lagi.

Hambatan ini juga bisa berasal dari seseorang yang prefeksionis dan memiliki kontrol diri yang sangat kuat. Ia bangga saat dirinya bisa sangat membatasi diri dalam hal makan.  Self control ini bisa saja berasal dari pendidikan keluarga atau dari riwayat kolesterol dalam keluarga. Bagaimana riwayat gangguan kolesterol dalam keluarga bisa menjadikan seseorang memiliki kontrol diri yang kuat dalam makan? Bisa jadi karena genetis atau yang lebih tepat mungkin adalah persepsi. Pada anak yang salah satu orang tuanya mengalami gangguan kolesterol, ia akan mempersepsi dirinya perlu menjaga makanan untuk terhindar dari apa yang dialami orang tuanya.

Gangguan makan ini memiliki dua subtipe, yaitu tipe menahan dan tipe binge-purging. Pada tipe menahan, penderita betul-betul menahan makannya. Sedangkan pada tipe binge-purging, penderita akan penahanan makan akan diselingi saat di mana penderita makan berlebih (benge-eating) yang diikuti dengan usaha mengeluarkan makanan tersebut.

Hambatan ini memang masih belum begitu sering ditemui di Indonesia. Tetapi agaknya bersamaan dengan masuknya pola-pola pemikiran luar mengenai cantik yang ramping, tinggi semampai, dan remaja-remaja kita yang sangat mementingkan penampilan, anorexia bisa jadi beberapa puluh tahun, atau beberapa tahun ke depan akan menjadi hal yang sering kita temui. Kalau boleh saya bilang ini seperti lalat ketika kita membuka jendela, yaitu dampak buruk yang bisa ikut saat kita melakukan modernisasi dan terbuka dengan pemikiran dari luar.

Hambatan ini bisa sangat berbahaya, menyebabkan kematian. Oleh karena itu para remaja, terlebih putri hendaknya waspada. Kita boleh, dan bahkan harus memperhatikan penampilan, tetapi mencapai penampilan yang sempurna ini hendaknya dengan cara-cara yang sehat.

Anorexia Nervousa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s