Valentine Untuk Kampanye

Baru-baru ini saya mendengar sebuah cabang partai yang mengaku berasaskan Islam akan menggelar acara di hari Valentine untuk mendekati pemilih pemula. Saya hanya bisa berucap “La hawla wa la quwwata illa billah” dan “Allohu Musta’an”. Artinya adalah “Tiada daya dan upaya selain karena Alloh” dan “Allohlah saja tempat meminta bantuan”. Kedua kalimat ini memang baik, merupakan zikir kepada Alloh. Tetapi di kebudayaan dan dari kebiasaan para ustadz, kedua kalimat tersebut ditujukan untuk menyatakan bahwa ini adalah hal yang berbahaya, ini adalah musibah yang besar.

Ya, perilaku kampanye tersebut saya lihat sebagai musibah. Jika Valentine tidak bertentangan dengan keyakinan kader-kader partai tersebut, saya sih oke-oke saja, it’s doesn’t matter. Tapi, kampanye dengan Valnetine ini bertolak belakang dengan ajaran yang pernah saya terima dari beberapa teman saya yang merupakan aktivis partai tersebut, bahwa merayakan Valentine adalah dilarang dalam Islam. Dan saya kira ini adalah keyakinan partai tersebut. Dengan adanya kampanye ini,  partai tersebut akan terlihat menggunakan segala cara untuk mencapai kekuasaan karena melanggar keyakinannya sendiri untuk meraih suara. Jika memang demikian, ini menjadi musibah bagi ummat karena agama telah dijual ke kekuasaan. Juga menjadi musibah bagi partai tersebut karena ia menjadi berjalan tanpa arah tujuan (lupa tujuan awalnya).

Alhamdulillah, kampanye tersebut tidak terjadi. Namun, munculnya wacana kampanye dengan valentine di partai tersebut harus menjadikan partai tersebut waspada. Bisa jadi pragmatisme dan perubahan orientasi terjadi di partai, jika ini tidak ditangani dengan baik, ke depan citra partai akan rusak (ini mulai terjadi) dan bisa jadi akan habis. Wallohu a’lam.

Valentine Untuk Kampanye

Tinggalkan Balasan

