Baphomet dan Lucifer itu Ternyata Azazel

Standar

Azazel dalam Dictionnaire Infernal (de Plancy,1825)

Beberapa hari yang lalu saya menonton filem yang dibintangi oleh Danzel Washington. Filem ini bercerita tentang seorang polisi yang diganggu oleh Azazel. Dalam filem itu disebutkan bahwa Azazel adalah setan/iblis yang tinggal di hutan-hutan, kejam, dan suka bernyanyi. Setan ini dicritakan dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya dengan sentuhan. Saat itu saya pikir Azazel adalah setan lain selain Lucifer. Namun saat membaca Jewsih Encyclopedia, saya terkejut ternyata Azazel adalah nama pemimpin malaikat yang memberontak. Ini bertentangan dengan pengetahuan saya bahwa pempimpin malaikat yang memberontak adalah Lucifer, seperti dalam filem Konstantine.
Setelah saya search di Wikipedia ternyata Lucifer justru sebenarnya bukanlah kata yang menunjuk kepada malaikat yang memberontak. Namun kepada malaikat yang jatuh dari langit di dekat kota Babilonia menurut Bible. Di zaman-zaman modern saja kata ini kemudian merujuk kepada pemimpin malaikat yang membertontak, bahkan yang lebih “kacau” kata ini sekarang merujuk kepada setan itu sendiri. Ini tentu sebenarnya kutang, atau tidak tepat.

Sabbatic Goat oleh Eliphas Levi, Gambar yang diidentikkan Baphomet.

Ketidaktepatan penggunaan juga terjadi pada kata “Baphomet”. Kata ini sering diidentikkan sebagai raja setan dan digambarkan sebagai kambing berbadan manusia. Padahal, masih berdasarkan Wikipedia sebenarnya kata ini menunjukkan perstuan universal antara energi psitif dan negatif, sama seperti Tao yang melambangkan dinamisasi Yin dan Yang. Kata ini menjadi identik dengan setan atau iblis karena memang simbolnya yang sama dengan gambaran Azazel, pemimpin malaikat yang memberontak atau iblis, yaitu manusia bertanduk atau berkepala kambing. Simbol Azazel menjadi demikian karena kata azazel sendiri berarti keras dan kasar seperti batu-batu di dataran judea tempat kambing-kambing digembalakan. Selain itu juga, kambing merupakan binatang yang dipersembahkan kepada Azazel.
Selain karena kesamaan simbol, kata baphomet menjadi identik dengan iblis yang sebenarnya adalah Azazel, dikarenakan para Ksatria Templar menjadikan Baphomet ini sebagai tokol ideal/idola. Templar yang diidentikkan dengan penyembahan setan karena Paus telah memutuskan kebid’ahannya, menjadikan orag mengira baphomet yang diidealkan Templar adalah setan itu sendiri. Padahal sebenarnya itu adalah keseimbangan energi. Bahkan beberapa ilmuan lainnya menyatakan bahwa Baphomet itu sebenarnya adalah dialek untuk Mohammed Rasulullah SAW. Agaknya Templar yang sudah berinteraksi dengan kepercayaan masyarakat Arab menjadikan Mohammed juga sebagai idola. Wallohu A’lam.
Yang jelas, sebagai muslim saya mempercayai bahwa nama makhluk yang berniat menjatuhkan Adam dan Hawa dari syruga dan anak turunnya yang menggoda manusia adalah iblis atau syaithan.

36 thoughts on “Baphomet dan Lucifer itu Ternyata Azazel

  1. deoz iman

    Menurut situs ducktopic, Baphomet adalah satu dari puja-pujaan kaum Qabalis yang mewakili Setan. Makhluk ini berkepala kambing bertanduk atau dikenal dengan kambing “Mendes”, lambang kuno untuk setan. Penampilannya melambangkan kekuatan-kekuatan hitam disatukan dengan kemampuan beranak-pinak seperti halnya kambing. Di dahi, diantara dua tanduk dibawah suluh, adalah lambang pentagram. Bagian bawah badannya diselubungi kain hitam melambangkan kerahasiaan.

    Baphomet digambarkan sebagai makhluk hermaphrodit dengan mempunyai buah dada lambang kewanitaan dan phallus lambang kelaki-lakian. Dua ular melingkar di phallus yang berdiri. Ular juga merupakan simbol dari Setan. Sayap melambangkan kemampuan Lucifer untuk terbang.

    gw copas ni lebih jlas nya..

    http://www.islampos.com/apa-itu-baphomet-1-16317/

    Suka

  2. Yazid

    Daripada Aiyshah r.a rasullulah saw bersabda: “Malaikat itu dari cahaya, Jin dari api tidak berasp dan Adam dicipta dari apa yang telah di gambarkan kpd kamu”

    Hadis ini maka membenarkan bahawa Iblis itu dari Jin berdasrakan ayat surah Al A’raf: 12 yang berbunyi:

    Allah berfirman: “Apakah penghalangnya yang menyekatmu daripada sujud ketika Aku perintahmu?” Iblis menjawab: “Aku lebih baik daripada Adam, Engkau (wahai Tuhan) jadikan daku dari api sedang dia Engkau jadikan dari tanah.”

    Kesimpulan:

    1. Iblis itu adalah dari golongan Jin dan bukan malaikat
    2. Nama Azazil itu datang dari pandangan Israilliyat dan bukannya dari mana-mana sumber Islam

    Suka

  3. iwan

    Menurut ‘temuan’ saya akhir-2 ini, bukan tidak mungkin BAPHOMET itu sebetulnya adalah DZULKARNAIN, yg disalahartikan, atau disalah gambarkan oleh generasi2 penerus.

    Suka

  4. Khidir

    Siapapun mereka, apakah itu Lucifer, Azazel, Baphomet, Beelzebub,dan rekan-rekannya adalah sesembahan penganut setan. Bukanlah hal terlalu penting bagi umat muslim memperdebatkan masalah ini, karena kita tahu Zat apa dan siapa yang harus kita imani. Atikel ini layaknya kita jadikan pengetahuan saja betapa orang-orang menyembah syiatan itu senang merusak agama Alloh SWT.

    Jangan mudah tertipu propaganda kaum “satanism” dengan film-film hollywood nya.

    Kita sudah tidak lagi hidup di zaman Jahiliyah, bukan?

    Suka

  5. alex

    menurut saya ga perlu diperdebatkan masalah ini.
    yang jelas dunia ini seperti kepingan logam….
    sisi yang satu n yang lainya tidak bisa berhadapan…!!!!!
    jahatan n kebenaran tidak bisa bersatu begitu juga terang n gelap.
    karena gelap ga pernah sedikitpun bisa mengambil terang tersebut….
    itu telaah saya….. trimakasih

    Suka

  6. LuckyRozaq

    Misi ”
    yang pasti DAJJAL/LUCIFER ntu setan dan dia uda ngrusak ajaran Taurat/Yahudi ma Nasrani, kecuali Quran

    sekarng de mana ada satu kitabpun seblm Quran yg wajib dihapal, biar ga diubah ma tu LUCIFER/DAJJAL, pdhl tebelnya setumpuk ,bahasanya Arab njlimet, tapi kenyttannya banyak tu yang hapal luar kepala, bukti kbsaran Allah bro!

    Suka

  7. wahyu

    izinkan saya berkomentar
    sebenarnya ada 2 kloter kejatuhan mahluk roh..
    kloter 1 lucifer
    kloter 2 azazel
    menurut islam nama asli dari iblis yg adl bapa dari jin2 yaitu azazel dan itu memang benar namun dalam islam tidak mengetahui adanya lucifer ini sedangkan dalam yahudi lucifer dan azazel adl berbeda. lucifer jatuh karena pride / sombong sedangkan azazel karena lust / nafsu. dan menurut buku henokh (yg dalam islam adl nabi idris) azazel dikutuk oleh YHVH (Tuhan org Yahudi) sehingga keturunannya adalah mahluk2 yg kita sebut dengan jin. ini dia jawaban kenapa jin bisa beranak pinak sedangkan ada mahluk roh yg tidak bisa beranak pinak yg adalah lucifer dan antek2nya yg jatuh pada peristiwa pertama.

    Suka

    • cahyosetiadi

      sebenarnya tulisan ini hanya berdasar pengetahuan umum yang saya kumpulkan selama hidup saya. tetapi kemudian saya berusaha konfirmasi, apakah ada sumber-sumber yang bisa menunjukkan bahwa intuisi saya mengenai hal ini benar, ternyata di wikipedia ada. Dan tidak hanya berhenti di situ. Memang wikipedia bisa saja dibolak-balikkan orang, dulu pernah ada perdebatan di sebuah blog tentang ini, maka saya coba lihat dalam tulisan di wikipedia itu, tentang catatan kaki atau sumber asli tulisan. Apakah jelas pengarang, judul, dan tahun terbit dari sumber tulisan itu. Jika meyakinkan, barulah saya tulis sumber wikipedia itu.

      BTW, terimakasih atas kritikannya, semoga ke depan saya bisa menulis lebih baik.

      Salam….

      Suka

  8. malaikat dari cahaya
    jin dari api
    manusia dari tanah
    hewan dan tumbuhan dari air

    iblis telah jelas dalam Quran kalau dia dari golongan jin.iblis bukanlah malaikat.itu semua cerita israiliyat.mereka tidak mengetahui tentang makhluk yg bernama jin jadinya mereka menamai makhluk ghaib malaikat.

    Suka

    • cahyosetiadi

      Maka bersyukur sebagai Muslim yang diwajibkan untuk percaya 100% kepada al-Quran, kita tidak perlu mengira-ngira tentang alam gaib dan cukup percaya pada apa yang dikatakan al-Quran. Karena memang mengira-ngira tentang yang gaib itu pasti melesetnya,

      Suka

  9. hmmm… mungkin karna itu pula tiap tahun nya umat muslim mengadakan qurban, pada saat idul adha, dimana klo di logika kan, sebagai pembantaian setan, dan mereka yg sedang ibadah haji pun melepar jumrah, yg dilogikakan nimpukin setan pake batu.. walaupun kita tau bahwa ajaran agama tidak dapat dilogikakan, selama logika yg didapat positif mungkin akan baik-baik saja.

    Suka

    • cahyosetiadi

      setahu saya, Idul Adha bukan dimaknai sebagai pembantaian syaithan, tetapi merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Alloh untuk mendekat (qurban) kepada-Nya. Sejarahnya juga bukan bermula dari proses pembantaian, tetapi pengorbanan seorang Ayah (Ibrahim) karena ketaatannya kepada Alloh sehingga Alloh gantikan putranya dengan seekor biri-biri. Kalo melempar jumrah itu memang dimaknai sebagai melempar syaithan karena awal mula manasik/prosesi ini adalah dari perbuatan Ibrahim AS yang melempar syaithan yang berusaha membisikinya untuk mengabaikan perintah Alloh untuk menyembelih anaknya. Ibrahim melempar syaithan di tiga tempat yang sekarang menjadi tempat lempar jumrah itu. Walloh A’lam (Alloh Yang lebih tahu)

      Suka

  10. abby

    Azazel ialah malaikat yang paling disayangi oleh Allah S.W.T , dia pernah diletakkan di syurga paling atas suatu ketika dahulu,Setelah terciptanya Nabi Adam,Allah SWT dapat merasa bahwa ada malaikat yang akan mungkar dengan perintahNYA,lalu Azazel berdoa supaya malaikat lain dapat mentaati perintah Allah SWT,sehingga terlupa doa untuk diri sendiri,maka Azazel lah yang mungkar perintah Allah SWT untuk sujud kepada Adam kerana merasa megah dirinya dibuat daripada api dan Adam hanya dari tanah ,Azazel dilakhnati oleh Allah SWT dan menjadi Iblis yang mahu menyesatkan kaum Adam.
    Bagi pendapat saya,Azazel iblis versi islam dan Lucifer ialah versi kristian,kedua-duanya sama sahaja,kerana Azazel atau Iblis telah diturunkan dari syurga ke bumi seperti mana Lucifer yang digelar Fallen Angel.Dalam pandangan sama,Azazel dan Lucifer ialah malaikat yang memberontak dan mahu menyesatkan kaum Adam,jadi kedua-dua makhluk ini adalah makhluk yang sama tetapi kita manjadi keliru kerana fahaman dan ajran agama yang berbeza.
    sekian.
    salam.

    Suka

    • cahyosetiadi

      Wow, saya tidak bisa mengomentari, karena ini hal gaib dan saya hanya bisa mengira-ngira saja (kecuali memang ada berita dari Kitab Alloh). Tetapi menarik dengan kalimat ini “Azazel berdoa supaya malaikat lain dapat mentaati perintah Allah SWT,sehingga terlupa doa untuk diri sendiri,maka Azazel lah yang mungkar perintah Allah SWT untuk sujud kepada Adam”. Kabar ini, walaupun saya tidak membenarkan dan menyalahkannya, bisa menjadi pelajaran bagi kita, bahwa dalam menjalankan ketaatan kepada-Nya kita seyogyanya bercermin ke diri sendiri dan jangan selalu mengomentari kualitas ibadah orang lain. Lihat diri sendiri dulu, atau introspeksi (muhasabah).

      Suka

  11. Ben

    Eit, sorri. kelupaan. Definisi setan sepertinya adalah ungkapan. Dia bukan Iblis tapi Iblis suka perbuatan setan. Setan yg dimaksud tak lain adalah ‘perasaan jahat sendiri’ yang bisa menghinggapi manusia dan jin.

    orang zaman dulu begitu tinggi kepercayaannya kepada hal2x gaib makanya setan pun digambarkan sebagai makhluk hidup. Anda pernah mendengar nasehat : “Kalau pikiran kosong nanti kemasukan setan.” itu benar artinya kalau pikiran anda kosong anda mudah dihipnotis, anda kurang waspada, dan kalau anda nyetir mobil sambil melamun…. nah itu tadi ungkapan bahwa pikiran kosong mudah dimasuki setan karena hal itu akan membawa anda pada keburukan.

    Hal2x lain yg berupa ungkapan bisa meliputi :

    “Tergesa-gesa adalah perbuatan setan”, “Setan merasuk ke dalam hati dan darah anda”, “Bir adalah minuman setan”, “Makanan basi akan disantap oleh setan”, “Setan senang tempat yang kotor”, dll. Itu semua adalah ungkapan agar manusia tidak melakukan keburukan.

    Adam dan Hawa memakan buah terlarang akibat prasangka mereka sendiri pada Allah. Iblis telah diusir dari surga masak bisa masuk lagi ke surga ? Allah Maha Melihat.

    Suka

    • cahyosetiadi

      terimakasih atas informasinya, sangat menambah pengetahuan (saya), terutama tentang Wicca… Tentang setan, bisa jadi yang Anda katakan benar. Tetapi karena ini hal gaib, jadi banyak sekali pendapat yang timbul tentang setan ini. Dan sekeyakinan saya, Alloh saja yang paling tahu kebenarannya.

      Suka

  12. Ben

    Azazel itu ada dalam ajaran Yahudi, orang Arab dulu menyebutnya sebagai ‘Jin Kambing Hitam’. Nah, lho! Berarti Indonesia juga mengadopsi istilah itu e.g *Jangan jadikan aku kambing hitam!*

    Kalo soal Ksatria Templar sepertinya itu adalah bentuk perlawanan dari kekejaman inquisisi yg diwariskan oleh Gereja Katolik (dulu, sekarang sih nggak). Saya pernah dengan kalau Ksatria Templar disusupi oleh Freemanson! Sepertinya si Freemanson ini dari dulu suka bikin kisruh konflik antar keyakinan!

    Jadi, ya tau sendiri kan. Biasanya orang yg anti-suatu paham maka mereka biasanya memihak musuhnya. Kesatria Templar yg anti-Gereja Katolik so sebagai bentuk kebencian ya mereka memihak musuhnya Gereja. Jadi dimanfaatkan oleh Freemanson.

    Baphomet ? itu mah memang indikasinya ke Azazel. Sekarang sebagian penganut Wicca memuja Baphomet yg tadi kata anda, simbol persatuan universal antara energi + dan – kok jadi Mohammed ? Ya mungkin orang Arab nasrani dulu pikir Muhammad itu Fallen Angel.

    Wicca emang mengadopsi ajaran2x dulu, mereka bahkan percaya dewa-dewi dari ajaran Yunani dan Mesir kuno. Tapi mereka juga percaya tentang Cakra, Reinkarnasi, dll. Azazel pun sebenarnya tak lain adalah Lucifer bagi Wiccans tapi mereka bilang definisi Lucifer sama seperti yg anda sebutkan. makanya mereka menyangkal kalo mereka adalah Satanists.

    Jadi bener kok. Baphomet itu corruption dari Azazel yg ngak lain adalah Lucifer. Orang Wicca lebih meyakini Luci sebagai yg anda sebutkan tadi ketimbang definisi versi Kristen atau Yahudi.

    Kalau ada kata saya yg salah mohon dikoreksi. Akan lebih baik kalau hal ini juga diselidiki lebih jauh.

    Suka

  13. Iseng

    Jadi rancu ,sebenarnya lucifer itu sama dgn azazil bukan sih kalo di Alquran sendiri cuman dibilang iblis sih yg diusir Allah dari langit,tapi ada statemen kalo Lucifer kuasa terang dan Yahweh/siwa kuasa gelap,seru juga nanti deket ke hari penghabisan bisa lihat Lucifer ama Yahweh peraang donk ,seru3x,aku mah megang Tiada Tuhan selain Allah Tuhan semesta Alam pemilik Al Rasy yang agung dan Nabi Muhammad Rahmatan lil Alamin.

    Suka

    • cahyosetiadi

      Sekarang saya berbicara berdasar keyakinan saya, Iman Islam. Kalo dalam keyakinan Islam sendiri, di daerah Babila (Mungkin Babilonia) pernah ada dua malaikat yang turun (atau diturunkan?) yang keduanya mengajari manusia sihir dengan sebelumnya mengingatkan bahwa mereka hanyalah cobaan dari Alloh….
      Tapi kalo keyakinan bahwa Azazel adalah kuasa terang dan Yahweh adalah kuasa gelap, atau Tuhan adalah kuasa gelap dan Iblis adalah kuasa terang, itu hanya gosip tidak berdasar belaka yang dihembuskan Iblis di dunia untuk mencari pengikut. Alloh sendiri telah membantahnya, “Alloh adalah wali orang yang beriman mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju terang, sedangkan orang-orang yang mengingkari Aloh itu walinya adalah Thaghut yang mengeluarkan mereka dari gelap ke terang”. Iblis memang terkadang menyamar menjadi cahaya dalam usaha penyesatan. Misalnya saja usaha muslihatnya untuk menipu Imam Syafi’i agar tidak shalat lagi, Iblis berubah menjadi cahaya di hadapan Imam Syafi’i. Oleh karena itu, umat beriman diminta Rasul agar selalu berpegang kepada undang-undang tertulis Alloh, Al-Quran dan Hadits dan tidak usah percaya dengan gosip-gosip yang beredar. Allohlah yang tahu kebenarannya (Wallohu A’lam)

      Suka

  14. anonim

    Kalau menulis artikel, jangan cuma satu referensi. Dan kalau mau menggunakan referensi harap diketahui jelas asal-usulnya. Coba anda teliti dulu wikipedia itu sendiri. Apa yang anda anggap bisa dipercaya, belum tentu benar dapat dipercaya. Berpikir jauh lebih kritis ya…

    Suka

    • cahyosetiadi

      ya, memang wikipedia tidak selalu benar, juga buku, jurnal, ataupun laman-laman yang lainnya. Makanya sebelum saya menulis artikel tersebut, saya mencoba mencari ke beberapa laman lain, seperti seraching di google dan di laman jewishencyclopedia. Memang ada berbagai pendapat dan pertentangan makna tentang Azazel itu sendiri. Tetapi sementara ini pemahaman saya tentang Azazel adalah seperti yang saya tulis di atas. Wallohu a’lam (Allohlah yang lebih tahun akan mana yang benar….). Terimakasih atas sarannya, memang kita perlu kritis terhadap sumber bacaan apapun….

      Suka

    • cahyosetiadi

      Baphomet itu merupakan dialek suatu daerah di Perancis atas kata “Mohammed” adalah pendapat beberapa ilmuwan/sejarahwan. Namanya juga sejarah, penafsirannya bermacam-macam, bisa jadi benar dan bisa jadi juga salah. Tapi yang jelas, menurut dokumen yang ada, Templar dihukum di inkusisi karena mengidolakan Baphomet yang saat itu perbuatan itu divonis sebagai bidaah/heresy. Kalo Templar itu baik atau tidak, ya namanya juga manusia, ada yang baik ada yang buruk. Sekian jawaban saya..
      Prof? Amin…..

      Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s